Join VSI yuuukk, Bisnis Murah dan Mudah

Indo Vpay

Sabtu, 01 Oktober 2011

Mengapa Terjadi Kram Otot ?


Pada bahasan sebelumnya, Anda sudah memahami mengapa kram otot bisa terjadi, yaitu adanya ketidakseimbangan cairan dan elektrolit, kurangnya pemanasan sebelum beraktifitas, dan keletihan otot atau fatique.

Jika Anda terserang kram otot, setidaknya ada dua cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.

Jika kekejangan otot terjadi saat Anda berolahraga, segera hentikan latihan Anda. Regangkan bagian tubuh atau otot yang kram. Tunggu sampai otot mengendur, barulah melanjutkan latihan fisik. Anda dapat meminta bantuan rekan Anda (jika ada) untuk meregangkan bagian tubuh tersebut.
Jika Anda mengalami ETAP (Exercise-related Transient Abdominal Pain) – rasa sakit seperti tertusuk-tusuk, umumnya terasa di bawah tulang iga sebelah kanan pada saat Anda berlari – maka perlambatlah ayunan langkah Anda secara bertahap, jangan langsung berhenti. Bila Anda langsung berhenti, aliran darah di area sakit akan tertarik, sehingga menyebabkan Anda malah limbung dan bahkan pingsan. Setelah perlahan-lahan berhenti, regangkan bagian tubuh yang kram, dengan mengangkat kedua lengan, dan tarik ke arah belakang. Anda juga bisa mencoba memberi sedikit tekanan di daerah yang kram.

Yang perlu digarisbawahi adalah, kebugaran dan kesehatan memang memiliki ikatan yang cukup kuat. Namun, Anda tidak boleh terlalu memaksakan diri, hingga membuat otot letih, karena hal itu justru bisa mencelakakan diri sendiri.

Berikan jeda istirahat pada setiap latihan agar keletihan otot tidak terulang dan otot memiliki cukup waktu untuk memperbaiki dan memulihkan diri. Selain itu, cukupi kebutuhan nutrisi, kebutuhan buah dan sayuran, kebutuhan cairan, serta kebutuhan beristirahat pada malam hari (tidur yang cukup).

Read more: http://dokternasir.web.id/2011/09/2-cara-atasi-kram-otot.html#ixzz1ZYpX9sIX
Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Share Alike

Tidak ada komentar:

Posting Komentar